-->

Biar Tidak Pusing dalam Mengelola Banyak Blog

By Saturday, 26 September 2015 on 9/26/2015 Tags:
Membuat blog itu gratis sekaligus sangat mudah. Oleh karenanya tidak mengherankan jika sebagian orang memiliki dan mengelola blog lebih dari 1. Jika ditanya alasan, mungkin jawaban mereka akan bermacam - macam, diantaranya mengejar keyword utama dengan ciri terlihat jelas pada url yang didaftarkannya, membuat relevansi konten yang mirip dalam 1 blog alias 1 niche, sebagai dummy yang mengarahkan traffic ke situs utama, menghimpun pengunjung yang tertarget dan lain sebagainya. Apakah Anda termasuk tipe blogger yang demikian?

Nah bagaimana agar blog - blog yang kita miliki tersebut terus terawat dalam hal update konten, tidak lupa email dan pasword saat sign in (hehehe.....), akun aman dari banned si mbah dan traffic pengunjung terus naik / tidak turun? berikut saya mau berbagi pengalaman terkait cara mengelola banyak blog versi saya. Jika teman - teman punya kiat lain, boleh dishare di kolom komentar ya!

1. Buat blog dari beberapa akun gmail
Dulu saya pernah mengalami kejadian dimana akun gmail saya dibanned gara - gara 1 blog terbukti keras melanggar rulesnya google. Yang dibanned tidak hanya blog yang terbukti melanggar saja, tapi akun gmailnya lho. Jadi blog - blog yang ada didalamnya (termasuk yang blog yang baik / tidak aneh - aneh) ikutan dibanned. hiks....

Jika Anda mengalami kejadian seperti saya, mungkin gairah blogging / menulis Anda akan turun dalam waktu tertentu. Sabar dan bangkit kembali ya....  hehehe...

Setelah kejadian tersebut, saya sudah taubat dan tidak lagi membuat blog yang aneh - aneh yang terbukti tidak cocok dibuat di blogspot. Dan pada akhirnya saya juga buat blog tidak terhimpun dalam 1 akun gmail, tapi terpecah dalam beberapa akun.

2. Memanfaatkan setelan profil di chrome
setelan profil di browser chrome
cara membuat setelan profil di browser chrome

Sebelum tahu cara ini, saya sering sign in - sign out di browser chrome yang saya gunakan untuk mengelola blog - blog saya. Kok kesannya merepotkan banget ya! Biar kamu tidak ikutan repot, gunakan setelan profil di chrome.

Caranya
  • klik setting (setelan)
  • Add person (tambahkan orang)
  • Isi nama profil
  • Kasih centang pada create a dekstop shortcut for this user (buat pintasan dekstop untuk pengguna ini)
  • Kemudian masukkan email dan pasword kamu
  • Selesai

Lakukan cara sama untuk beberapa akun email gmail yang kamu punya ya! Jika punya 10 email, berarti harus buat 10 setelan profil di chrome. Nantinya jika ingin buka akun email tertentu, lihat di shortcut browser chrome di dekstop kamu. Cara ini lebih efektif ketimbang harus sign in - sign out saat menggunakan chrome.

3. Fokus dan menetapkan prioritas
Biar blog terurus dan berhasil mendatangkan trafic, sebaiknya kamu memiliki prioritas blog apa / blog mana yang memiliki prioritas untuk didahulukan. Misalkan seperti ini, kamu memiliki situs utama yang menjual hp / tablet / laptop. Untuk mendatangkan trafik ke situs utama, kamu berencana membuat blog dummy yang nantinya sebagai penghimpun sekaligus mengarahkan pengunjung agar jalan - jalan ke situs utamamu. So, buatlah blog yang berisi artikel terkait spesifikasi / harga / fitur unggulan / teknologi terkait hp / tablet / laptop di blog dummy. Fokus pada artikel yang memiliki niche mirip / sama dengan produk situs utama kamu, tema artikel jangan melebar agar pengunjung yang datang benar - benar orang tepat yang memiliki potensi tinggi sebagai calon pembeli.

4. Original / Bukan Copy Paste
Di awal blogging, beberapa tahun yang lalu, mungkin artikel copy paste bisa bersaing di halaman search engine. Asal blog copaser memiliki PR dan traffic lebih tinggi dari blog yang dicopas artikelnya, maka blog copaser bisa bersaing di halaman atas hasil pencarian search engine. Namun sekarang kayaknya tidak lagi. Bahkan bisa jadi blog copaser rawan dibanned si mbah jika dilaporkan. So buatlah blog dengan tulisan tanganmu saja, bukan hasil ctrl+c dan ctrl+v. hehehe...

5. Penjadwalan
Segala pekerjaan akan menjadi lebih ringan jika memiliki jadwal yang jelas. Tetapkan penjadwalan Anda sendiri dalam mengelola blog - blog kamu. Menurut saya, lebih baik seminggu update 1 artikel, tapi rutin ketimbang sehari bisa menulis 10 - 20 konten dalam 1 blog kemudian tidak update selama 3 bulan. haaaaaaaaaaa..........

6. Agar tidak lupa email dan pasword
Ada banyak blog dengan url cantik, membidik keyword dan singkat (mudah dihafalkan) namun isi blognya sangat sedikit dan sudah tidak diupdate. Bisa jadi si pembuatnya benar - benar sudah tidak aktif blogging lagi atau bisa juga beliaunya tidak ingat email dan pasword yang digunakan untuk akses blog tersebut. :D Sangat disayangkan bukan? Makanya email perlu dicatat biar tidak lupa, kalau pasword pilih yang mudah diingat tapi sulit ditebak.

Mungkin sebagian dari Anda, ada yang nyinyir, buat apa memiliki banyak blog. Buang - buang waktu dan tenaga. Tapi, untuk sebagian orang, memiliki banyak blog sangat direkomendasikan dan penting sekali. Terlebih bagi mereka yang sudah tahu cara memonetize blog. :)